PT UBAR JALINDO

Laboratorium Pengujian
Kualitas Lingkungan

Sejarah Singkat

Laboratorium PT UBAR JALINDO merupakan laboratorium pelayanan jasa yang bergerak di bidang pengujian kualitas lingkungan, didirikan pada tanggal 28 Februari 2011 berdasarkan SK No. AHU-10237.AH.01.01 yang direvisi menjadi SK No. AHU-0195689.ah.01.11 Tahun 202.

Pada tahun 2018, PT UBAR JALINDO terakreditasi sebagai laboratorium yang telah menerapkan ISO 17025 oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) dengan nomor LP-1276-IDN. Hingga saat ini PT UBAR JALINDO terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan melalui penambahan parameter pengujian, melengkapi fasilitas dan peralatan di laboratorium dan lapangan, serta peningkatan keahlian dan kompetensi seluruh karyawan.

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan laboratorium pengujian yang berkualitas dan terpercaya

Misi

  1. Quality
    Menjadi laboratorium yang memberikan jasa pelayanan yang berkualitas dan
    berstandar nasional dan internasional.
  2. Accuracy
    Akurasi hasil pemeriksaan dengan dukungan teknologi sarana laboratorium yang
    modern.
  3. Resource
    Menyediakan sumber daya yang kompeten dan berkualitas dalam bidang laboratorium.
  4. Customer
    Kepuasan pelayanan dengan mengutamakan integritas, kerahasiaan dan
    ketidakberpihakkan.

Struktur Organisasi

gambar struktur organisasi PT Ubar Jalindo

Kebijakan Mutu

Laboratorium PT. UBAR JALINDO memegang teguh komitmen untuk senantiasa memberikan jasa pelayanan prima terhadap pekerjaan pengujian, menjamin Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang sesuai dengan standar Nasional yang merupakan tindak lanjut dari visi dan misi Perusahaan.

Untuk mencapai komitmen diatas, semua personel Laboratorium berupaya untuk :

  1. Memberikan pelayanan dikelola secara efektif dan efisien, mengacu ke dan senantiasa berkesesuaian dengan standar SNI ISO/IEC 17025:2017.
  2. Menjamin setiap aktivitas pelayanan dilakukan secara profesional, dan menjamin seluruh personilnya bebas dari pengaruh tekanan komersial, keuangan maupun tekanan lain yang dapat berpengaruh buruk terhadap mutu kerjanya sehingga mampu mengambil keputusan secara objektif dan mandiri.
  3. Menerapkan syarat dan ketentuan tentang keamanan, keselamatan, kesehatan, lingkungan hidup, mengendalikan dan meminimumkan resiko kecelakaan, dan melakukan pengelolaan limbah.
  4. Sistem manajemen mutu dituangkan dalam panduan mutu, prosedur, dan instruksi kerja yang didokumentasikan, dikomunikasikan, dimengerti, dan dilaksanakan oleh semua personil secara profesional berorientasi pada pencapaian sasaran organisasi yang ditetapkan.

Fasilitas dan Peralatan

Laboratorium PT UBAR JALINDO melakukan berbagai pengujian kualitas lingkungan
dengan menggunakan peralatan yang terkalibrasi secara rutin dan layak pakai dalam pelaksanaan kegiatan pengujian maupun pengambilan sampel di lapangan, diantaranya:

  • Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) : 1 unit
  • Spektrofotometer UV-Vis : 2 unit
  • Air Sampler : 6 unit
  • Gas Analyzer : 2 unit
  • High Volume Air Sampler : 3 unit
  • Sound Level Meter : 3 unit
  • Integrating Sound Level Meter : 2 unit
  • Lux Meter : 1 unit
  • Wet Bulb Globe Temperature (WGBT) : 1 unit